Resep Nasi Kebuli, Tanpa Ribet!

๐“ฆ๐“ฎ๐“ต๐“ต ๐“—๐“ฎ๐“ต๐“ต๐“ธ ๐“Ÿ๐“ฎ๐“ธ๐“น๐“ต๐“ฎ!

Salam Kuliner!

Hai hai, Admin mau share resep spesial nih!

Jujur ya Admin juga belum pernah nyobain, tapi Admin pengen share aja, siapa tau satu dari kalian ada yang mau ngajakin Admin masak nasi kebuli, hehe๐Ÿ˜†

Nasi Kebuli Kambing

Sajian khas timur tengah yang telah menjadi bagian kuliner nusantara ini terdiri dari nasi gurih kaya rempah yang ketika pengolahannya nasi akan dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin, disajikan bersama daging kambing goreng atau sate kambing.

Aroma nasi kebuli yang sedap jtentunya selalu berhasil menggoda nafsu makan bagi yang menciumnya. Tertarik?

Kalian nggak perlu beli ke kampung arab lagi, cukup membuatnya sendiri. Dan, jangan khawatir soal rasanya dijamin enak!.

Jika kalian mengikuti resep nasi kebuli kambing berikut ini, Admin jamin kalian bisa menyajikan nasi kebuli kambing yang khas arab dirumah tanpa harus pusing dan nggak perlu panik.

Dalam resep nasi kebuli kambing berikut ini, Admin akan memberikan resep nasi kebuli lengkap yang menggunakan kismis dan daging kambing untuk memberikan nuansa khas arab.

Tapiโ€ฆJika kalian tidak menyukai salah satu bahan tersebut, kalian dapat menggantikan daging kambing dengan daging sapi atau daging ayam. Sedangkan jika kalian tidak menyukai kismis kalian bisa juga tidak menggunakannya sama sekali.

Adapun bahan dan bumbu resep nasi kebuli kambing:

  • Siapkan 4 sdm margarin
  • 150 gram bawang bombay
  • 10 cm kayu manis
  • ยฝ butir biji pala dan memarkan
  • 5 butir cengkeh
  • 8 butir kapulaga
  • 300 gram daging kambing, potong- potong
  • 50 ml air
  • 1 kg beras yang pulen, cuci kemudian tiriskan
  • 750 ml susu cair atau bisa dengan santan

Untuk bumbu yang dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • ย 5 siung bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 1,5 sdm ketumbar yang sudah disangarai
  • ยฝ sdt merica butiran yang sudah disangrai
  • 2 sdt garam

Bahan pelengkapnya:

  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdm kismis

9 Langkah Praktis Meracik Nasi Kebuli Kambing Khas Arab:

  1. Panaskan mentega hingga meleleh, lalu masukkan bumbu aduk hingga harum dan matang
  2. Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, aduk hingga tercium aroma wangi
  3. Tambahkan daging kambing, aduk sampai kaku
  4. Tuangkan air, masak hingga daging kambing menjadi lunak
  5. Beras dikukus hingga kurang lebih 30 menit sampai setengah matang lalu angkat.
  6. Taruh beras dalam panci, tambahkan susu atau santan, jerangkan di atas api aduk rata
  7. Tambahkan daging kambing tumis, aduk hingga susu/ santannya habis lalu diangkat.
  8. Kukus kembali selama 30 menit sampai matang dan angkat
  9. Sajikan nasi kebuli kambing khas arab selagi masih panas dengan bahan pelengkapnya agar aroma masih terasa mantap.

 

Gimana guys? Mudah banget kan? Langsung ingin mencoba resep nasi kebuli kambing? Yuk masak bareng Admin๐Ÿ˜œ

 

Hmm udah dulu ya guys! Semoga bermanfaat ๐Ÿ’™

See u ๐Ÿป

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *