Udon (うどん,饂飩)

𝓦𝓮𝓵𝓵 𝓗𝓮𝓵𝓵𝓸 𝓟𝓮𝓸𝓹𝓵𝓮!

Oyasumi! Ketemu Admin lagi nih, hehe

Admin mau bahas udon ni guys.

Udon (うどん,饂飩) adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar.

Udon yang dikenal sekarang ini dulunya disebut Kirimugi, dan baru disebut “udon” sejak zaman Edo. Pada waktu itu, “udon” adalah nama untuk sejenis masakan berupa kirimugi yang dimakan dengan kuah hangat, atau didinginkan dengan air es setelah direbus.

Kalian tau apa itu kirimugi? Kapan-kapan Admin bahas deh!

Udon juga banyak jenisnya lho guys!

  • Tama udon (udon bundar)

Udon mentah yang baru jadi direbus dengan air mendidih selama 1 menit. Setelah itu udon diangkat dan dibundarkan. Sebelum dimakan, udon masih harus direbus kembali dan ditiriskan. Udon jenis ini masih banyak mengandung air dan tidak tahan lama disimpan. Tama udon yang dimasukkan ke dalam kantong plastik disebut Yude udon (udon rebus) dan banyak dijual di pasar-pasar swalayan di Jepang.

  • Nama udon (udon segar)

Udon yang baru jadi, ditaburi tepung dan dibungkus. Udon segar biasanya lebih enak dari jenis udon lainnya, tetapi tidak tahan lama disimpan. Selama belum direbus, tepung terigu yang dikandung udon terus mengalami proses pematangan. Udon segar harus segera dimasak karena cuma tahan beberapa hari saja. Sebelum dihidangkan, udon segar harus direbus dan ditiriskan airnya.

  • Hoshi udon (udon kering)

Udon yang dijadikan udon kering biasanya adalah hoso udon (udon tipis). Setelah jadi, udon dilipat sama panjang, berbentuk persegi empat dengan panjang sekitar 20 cm dan dikeringkan. Udon kering bisa tahan lama disimpan dan sebelum dimakan harus direbus terlebih dulu. Dibandingkan dengan udon segar, udon yang sudah dikeringkan rasanya tidak begitu enak. Udon jenis ini sering digunakan untuk membuat udon goreng yang disebut Yakiudon.

  • Reitō udon (udon beku)

Setelah direbus dengan air mendidih, udon langsung dibekukan. Jenis udon segar yang dibekukan tanpa direbus lebih dulu disebut Reitonama udon (udon segar beku). Air yang terkandung di dalam berbagai jenis mi akan mengembang bila dibekukan. Susunan molekul tepung terpecah-pecah sehingga rasa mi menjadi kurang enak. Agar udon beku yang sudah direbus bisa kenyal kembali, produsen udon sering menambahkan tapioka atau zat tepung yang lain.

  • Udon instan

Udon instan yang dijual dalam kemasan mangkok biasanya sudah digoreng dengan minyak atau mengalami proses freeze drying. Udon instan tahan lama dan bisa langsung dimakan setelah diseduh air panas. Udon instan yang tidak digoreng tetapi dikeringkan dengan hembusan udara panas sering dianggap lebih enak.

 

Tapi untuk saat ini masih agak sedikit yang jual udon guys, kalah pamor sama ramen. Padahal Admin pengen banget makan udon huhu.

Kapan-kapan yuk berburu udon sama Admin!

See u ya guys. Have a nice day🍜

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *